Kamis, 03 Oktober 2013

TUGAS : ILMU SOSIAL DASAR ( Febriyani Dwi astuti 4KA38 )

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

  1. Sekilas tentang ilmu-ilmu sosial, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu - ilmu sosial dasar.
  •  Ilmu - ilmu Sosial
Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah philosophia ( filsafat ). Dari filsafat itu kemudian lahirlah 3 cabang ilmu pengetahuan :
  • natural sciences ( ilmu - ilmu natural )
  • social sciences ( ilmu - ilmu social )
  • humanities ( ilmu - ilmu budaya ) 
   2.  Ilmu Pengetahuan sosial

        social studies atau ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) adalah ilmu - ilmu sosial yang di sederhanakan untuk tujuan - tujuan pendidikan, dan pengajaran di sekolah dasar atau menengah. Dengan demikian IPS adalah bidang studi yang merupakan panduan fusi, dari sejumlah mata pelajaran sosial.

    3.  Ilmu Sosial Dasar

         Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah suatu program pelajaran baru yang berkembang di perguruan tinggi, ISD adalah ilmu-ilmu sosial di pergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

  • Latar Belakang ISD
         Latar belakangnya siberikan ISD dimulai banyaknya kritik-kritik yangditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh sejumlah cendikiawan terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan yang tengah berlangsung saat ini, berbau kolonial. Tenaga ahli yang dihasilakan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki 3 kemampuan meliputi personal, akademik dan profesional. Kemampuan personal adalah kemampuan kepribadian, yang diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribafian Indonesia, serta memiliki pandangan luas dengan pekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Kemampuan akademik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, mampu berpikir logis, mempunyai konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya. Kempampuan profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, dan diharapkan memiliki pengetahuan serta ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya. 


  • Masalah-masalah Sosial dan Ilmu Sosial Dasar

          Pengertian masalah sosial ada 2 pengertian :

          a. Menurut umum bahwa segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial.

         b. Menurut para ahli masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud salam      masyarakat yang berdasarkan atas studi mereka mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan
terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan. Masalah-masalah sosial menurut Lesile (1974) adalah suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan dan yang karenanya dirasakan perlunya untuk diatasi dan diperbaiki.

  • TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR
          Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum ilmu social dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:

Memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah yang ada didalam masyarakat
Peka terhadap masala-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat slalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secar kritis dan interdisipliner.

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu social dasar ISD dan ilmu penegetahuan social mempunyei persamaan dan perbedaan adapun persamaan antara keduanya adalah :


Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
Keduanya mempunyei materi-materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.
Adapun Perbedaan diantara keduamya adalah adalah:
Ilmu social dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu social dasar diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
Ilmu social dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu penegetahuan social merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (Untuk sekolah lanjutan)
Ilmu social dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian , sedangkan ilmu pengetahuan social diarahkan pada pembentukkan penegetahuan dan ktrampilan intelektual.
Berikut Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan:
Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyrakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
Konsep-konsep social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan utntuk mempelajari masala-masalah social yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial, contohnya:
Keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial bertolak dari kedua konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan kita sadari bahwa di dalam masyrakat selalu terdapat:
Persamaaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individualatau kelompok atau golongan.
Persamaan dan perbedaan kepentingan
Masalah-masalah sosial yang timbul didalam masyarakat bisasnya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang berkaitan.Konsorsium antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan ilmu sosial dasar terdiri dari 8 pokok bahasan yaitu:
Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannyadengan perkembangan masyrakat dan kebudayaan
Masalah Individu, keluarga, dan masyarakat
Masalah pemuda dan sosialisasi
Masalah hubungan antara warga Negara dan Negara
Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
Masalah masyrakat perkotaan dan perdesaan
Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan intgrasi
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar