KEBUDAYAAN TURKEY
turki kaya dengan kepelbagian budaya yang berupa campuran pelbagai unsur tradisi dan budaya turkik oguz, anatolia, uthmaniyyah ( yang berupa kesinambungan budaya yunanu-rom dan islam ) dan barat, bermula dengan Pembaratan Empayar Uthmaniyyah
dan masih berterusan hingga kini. Campuran ini berpunca daripada hasil
pertemuan kaum dan budaya Turki dengan kaum-kaum yang tinggal di laluan
mereka sewaktu berhijrah dari Asia Tengah ke Barat. Setelah Turki berjaya dalam transformasi daripada bekas Empayar
Uthmaniyyah yang berasaskan agama kepada negara moden yang amat
menekankan pemisahan agama dan kerajaan, maka munculnya banyak lagi gaya
kesenian di negara ini. Pada zaman awal republik, kerajaan melaburkan
banyak sumber kepada bidang seni halus, dengan membuka muzium, teater,
dewan opera dan sebagainya. Pelbagai faktor sejarah memainkan
peranan-peranan penting dalam membentuk jati diri Turki moden.
Kebudayaan Turki merupakah hasil usaha membina negara Barat yang "moden"
sambil memelihara nilai-nilai tradisional dan sejarah.
Muzik dan sastera
merupakan contoh terbaik campuran pengaruh budaya yang terhasil
daripada interaksi antara Empayar Uthmaniyyah dan dunia Islam dengan
Eropah, maka menyumbang kepada adunan tradisi Turkik, Islam dan Eropah
in modern-day Turkish music and literary arts. Kesusasteraan Turki banyak dipengaruhi oleh kesusasteraan Parsi dan Arab sepanjang zaman Uthmaniyyah, tetapi menjelang akhir zaman itu, khususnya selepas zaman Tanzimat,
kesan tradisi rakyat Turki dan sastera Eropah makin terasa. Campuran
pengaruh budaya didramakan, sebagai contoh, dalam bentuk "lambang baru
pertembungan dan perselangan budaya" yang dilaksanakan dalam karya-karya
Orhan Pamuk, pemenang Hadiah Nobel dalam Kesusasteraan 2006. Menurut hasil tinjauan awam Konda, 70% rakyat Turki tidak pernah membaca buku.
Unsur-unsur seni bina yang terdapat di Turki juga bukti kepada
campuran unik tradisi-tradisi yang mempengaruhi negara ini selama
berabad-abad lamanya. Selain unsur-unsur Byzantium, juga terdapat banyak tinggalan seni bina Uthmaniyyah
dengan campuran tradisi setempat dan Islam yang tersergam indah di
merata negara, di samping juga beberapa bekas wilayah Uthmaniyyah. Mimar Sinan
disanjungi sebagai jurubina terunggul pada zaman klasik seni bina
Uthmaniyyah. Sejak abad ke-18, seni bina Turki semakin dipengaruhi oleh
gaya Barat, terutamanya di Istanbul di mana letaknya bangunan-bangunan
lama seperti Istana Dolmabahçe dan Çırağan terletak seiring dengan pencakar langit moden, semuanya melambangkan tradisi berbeza.
Bahasa
bahasa turki ialah satu-satunya bahasa resmi di seluruh turki, sukar juga untuk mecari data yang boleh di percayai tentang penghuraian bahasa penduduk. menurut CIA, bahasa turki di tuturkan 70%-75% orang dan bahasa kurdi pula oleh kira-kira 18% orang. penyiar awam menyiarkan rancangan dalam bahasa setempat dan logat daerah arab, bosnia, adyghe, dan kurdi selama beberapa jam seminggu.
Agama
Turki ialah sebuah negara sekular tanpa sebarang agama rasmi, perlembagaan turki, menjamin kebebasan beragama dan berfikir. islam merupakan agama yang dominan di turki karena dianuti oleh sekitar 97% penduduknya.
Turkish Dance
Tari turki mengacu pada tarian rakyat turki. di antara perbatasan eropa dan timur tengah, menghadapi tiga laut, rute perdagangan penting, turki memiliki budaya kuno dan rumit, tercermin dalam berbagai tarian nya, namun tradisi tari yang di dominasi adalah jenis tari baris. turki dibagi kedalam wilayah budaya, yang memiliki gaya tarian khas, trakya, marmara, dan karadeniz.
Type Tarian Turkish
Bar ( dance )
Dengan struktur dan pembentukan mereka, mereka adalah tarian yang dilakukan oleh kelompok-kelompok di tempat terbuka. Mereka menyebar, secara umum, lebih dari bagian timur Anatolia (Erzurum, Bayburt, Agri, Kars, Artvin dan Erzincan provinsi). Karakteristik pembentukan mereka adalah bahwa mereka melakukan side-by-side, tangan, bahu dan lengan-in-lengan. Pria dan wanita bar berbeda satu sama lain. Instrumen utama dari tarian bar kami davul dan zurna (pipa melengking). Kemudian, klarinet telah ditambahkan ke bar wanita. Langkah-langkah yang dominan di bar 5/8 dan 9/8. Kadang-kadang ukuran 6/8 dan 12/8 digunakan. Aksak 9/8 langkah-langkah yang juga merupakan langkah yang paling khas, khususnya, dari musik rakyat Turki diterapkan dengan struktur yang sangat berbeda dan menarik dalam tarian ini. Mereka biasanya mengenakan kostum saat mereka menari. Mereka selalu menari dengan bangga dan mereka berpaling tangan mereka karena mereka hop tari. Ini menarik banyak orang.
HalayFolk
-dance ini , merupakan bagian dari tari Turki dan dilakukan untuk
sebagian besar di Timur , Selatan - Timur dan Tengah Anatolia dan itu
adalah salah satu tarian yang paling mencolok . Ini memiliki struktur sosok kaya kesederhanaan adalah simbol dari penciptaan dan orisinalitas rakyat tersebut . Unsur-unsur
berirama tarian halay sangat kaya dan sebagian besar dilakukan dengan
kombinasi drum zurna serta dengan Kaval ( pipa gembala ) , sipsi ( reed )
, cigirtma ( seruling ) atau baglama ( instrumen dengan tiga senar
ganda dimainkan dengan plectrum ) atau dilakukan ketika lagu-lagu rakyat yang dinyanyikan.
HoronHoron
The ( Yunani : Horos [ noun masculine , bentuk tunggal , nominatif ] ) ,
yang berasal dari kata Yunani choros (Yunani : ( ο ) Χορός ) berarti
tari di kedua kuno dan modern Yunani, Turki : Horon , adalah gaya tari
yang ditemukan di wilayah Laut Hitam , Turki sekarang modern. Tarian
disebut Horon berasal dari kebudayaan Yunani dari daerah dan melingkar
di alam , masing-masing ditandai dengan langkah singkat yang berbeda . Horon atau tari bulat adalah tarian rakyat khas daerah pesisir Laut Hitam dan bagian interiornya. Horons tampak sangat berbeda dari tarian rakyat di bagian lain negara dengan pembentukan mereka dari tempo , ritme dan ukuran . Horons
dilakukan , secara umum , oleh kelompok-kelompok dan mengukur
karakteristik mereka adalah 7/16 Untuk melodi mereka diberikan sangat
cepat , sangat sulit untuk membuat mereka dengan setiap instrumen . Untuk alasan ini , render dengan drum dan zurna menjadi praktis . Melodies dari Horon dilakukan dengan tipe kecil zurna yang disebut ' cura ' . Selain itu, di bagian interior meniup instrumen seperti bagpipe mey
(sekali lagi, zurna kecil ) dll Langkah-langkah lain yang digunakan
adalah 2/4 , 5/8 dan 9/16 .
Zeybeks
Zeybeks , secara umum , tarian rakyat luas dari Anatolia Barat. Hal
ini diberikan oleh satu orang atau dua atau oleh sekelompok orang dan
perubahan nama misalnya sebagai ' Seymen ' di bagian tengah Anatolia . Tarian
Zeybek terbentuk , secara umum , dari 9/8 langkah dan memiliki berbagai
tempo seperti sangat lambat , lambat , cepat dan sangat cepat . Tarian Zeybek sangat lambat memiliki ukuran 9/2 , yang lambat 9/4 dan beberapa orang lain 9/8 . Tarian
yang sangat cepat , misalnya , teke ( kambing ) tari terlihat di Burdur
- wilayah Fethiye dapat dianggap sebagai tarian karakter Zeybek ,
mereka memiliki ukuran tradisional 9/16 Ada tarian rakyat lain bernama
sebagai Bengi di wilayah Zeybek . Hal
ini dilakukan lebih berbeda dari Zeybek dan telah mendapat fitur musik
yang berbeda dan ukuran yang paling khas tari bengi adalah 9/8 . Khususnya di zeybeks lambat, instrumen tradisional kombinasi drum zurna . Penggunaan
2 drum dan 2 zurnas dalam kombinasi adalah tradisi , fungsi dari salah
satu zurnas adalah pendampingan, dengan kata lain , ia menyertai melodi
dengan nada konstan kedua. Terlepas
dari drum - zurna , tiga ganda instrumen string baglama , reed , sumsum
busur dll digunakan untuk tarian Zeybek cepat . Secara khusus, alat musik tradisional dari teke ( kambing ) wilayah tari reed .
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Turkish_dance
Tidak ada komentar:
Posting Komentar